Beranda FAKTA & PERISTIWA Bupati Irwan Serahkan Hak Asuh Bayi Tanpa Wali Kepada Pasutri dan Serahkan...

Bupati Irwan Serahkan Hak Asuh Bayi Tanpa Wali Kepada Pasutri dan Serahkan Bantuan Beras Cadangan Pemda Meranti Kepada Para Buruh 

BERBAGI

Buser24.com, Meranti – Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, menyerahkan hak asuh Bayi tanpa wali kepada pasangan suami istri di Selatpanjang, dan berkesempatan menyerahkan bantuan beras cadangan Pemda Meranti kepada Buruh Pasir dan Buruh Angkutan di Selatpanjang, kedua kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Sosial Selatpanjang, Selasa (27/10/2020).

Turut mendampingi Bupati, Asisten II Sekdakab. Meranti Drs. H. Asroruddin M.Si, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Agusyanto S.Sos M.Si, Kasat Reskrim Polres Meranti AKP. Prihadi Tri Saputra, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi MH, Ibu Ria selaku penerima hak asuh bayi dan sejumlah buruh penerima bantuan beras cadangan Pemda.

Seperti diketahui, beberapa bulan yang kalu, telah terjadi peristiwa penemuan Bayi yang tidak memiliki wali oleh salah seorang warga bernama Rustam (40) diwilayah Tj. Samak, Kecamatan Rangsang, dengan berat 3.1 Kg dan Panjang 48 CM.

Selanjutnya setelah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Bayi tanpa wali ini diserahkan kepada Pemda Meranti untuk dirawat dan menjadi tanggungjawab negara.

Singkat cerita setelah beberapa bulan dirawat oleh Pemda Meranti melalui UPT. Dinas Sosial Kec. Rangsang, Pemkab. Meranti membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin menjadi krang tua asuh dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Dan berdasarkan keterangan Kepala Dinas Sosial Meranti, sebanyak 13 pasangan suami istri mendaftarkan diri namun dari jumlah itu hanya 7 pasangan yang lolos, dan setelah dilakukan seleksi maka terpilihnya pasangan suami istri asal Selatpanjang bernama Ria yang diyakini mampu memfasilitasi kepentingan masa depan bayi malang tersebut.

“Saat seleksi kami lebih memprioritaskan pasangan yang mengalami gangguan reproduksi dan terpilihlah Ibu Ria,” jelas Agusyanto.

Selanjutnya setelah ditetapkap Bayi tanpa wali ini langsung diserahkan kepada Ibu Ria didampingi suami oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M.Si, disaksikan semua tamu yang hadir.

Pada kesempatan itu, Bupati Irwan mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ria dan suami yang telah bersedia mengasuh bayi tanpa wali ini.

“Atas nama negara kami mengucapkan terima kasih telah bersedia mengasuh bayi ini, kami harap dapat dirawat dengan baik serta diasuh sebagaimana mestinya,” harap Irwan.

Dan untuk memastikan Bayi bersangkutan mendapat perawatan dan penanganan yang baik, Bupati juga mengintruksikan kepada pihak Dinas Sosial untuk melakukan pemantauan selama 6 bulan sesuai aturan undang-undang.

“Kalau bisa kita pantau sampai 2 Tahun untuk memastikan tumbuh kembang Bayi berjalan normal tapi jika tidak maka negara bisa mengambil kembali,” jelas Bupati.

Sementara itu, terkait penyerahan bantuan beras cadangan Pemda Meranti kepada para Buruh Pasir dan Angkutan dikatakan Bupati Irwan, sengaja diberikan Pemda untuk mengantisipasi kerawanan pangan pada masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19.

Dan kali ini menyasar Buruh Pasir dan Buruh Angkutan yang memang terdampam langsung Pandemi Covid-19.

“Kami menyadari sebelum Pandemi Covid-19 biasanya banyak penumpang kini menjadi sepi yang berdampak pada minimnya penghasilan, untuk itu Pemkab. Meranti mencoba membantu dengan menyerahkan bantuan beras cadangan Pemda dalam mengantisipasj kelangkaan pangan khususnya pada masyarakat kurang mampu,” jelas Bupati.

Dan Pemkab. Meranti akan terus memberikan perhatian kepada warga kurang mampu dan terdampak Covid-19 di Kepulauan Meranti, melalui penyaluran berbagai bantuan yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemda.

“Kami akan terus berupaya memberikan perhatian sesuai dengan kekuatan daerah, semoga dengan bantuan ini dapat membantu mencukupi kebutuhan pangan keluarga sehari-hari,”ujarnya.

Penyerahan bantuan langsung dilakukan oleh Bupati Irwan secara simbolis kepada perwakilan buruh. Kegiatan penyerahan bantuan beras dan penyerahan Hak Asuh Bayi tanpa wali tersebut ditutup dengan kegiatan foto bersama antara Bupati, Forkopimda dan para penerima bantuan. (zamri)