Beranda NASIONAL Mantap…Dua Minggu Menjabat, Camat Fitriyan Langsung Tancap Gas Buat Ikon Galang Bersinergi

Mantap…Dua Minggu Menjabat, Camat Fitriyan Langsung Tancap Gas Buat Ikon Galang Bersinergi

BERBAGI

Buser24.com, Deli Serdang :

Camat Galang A Fitriyan Syukri Yang di Dampingi Sekcam Dharma Bakti Harahap Bersàma Kasipem Syalman Chyody Menggelar sosialisasi Progam Galang Bersenergi di Aula Kantor Camat Galang Kabupaten Deli Serdang Senin (23/11/2020).

Tak disangka. Ternayata Camat Kecamatan Galang A.Fitriyan Syukri Parinduri SSTP, M.Si memiliki visi misi dan gagasan besar terhadap kemajuan wilayah kecamatan yang di pimpinnya.

Meski usia penugasaannya sebagai Camat Galang baru  berumur 2 Minggu, namun Camat yang bertubuh gempal itu langsung tancap gas melalui konsep programnya Galang BERSINERGI untuk diwujudkan dalam kehidupan sehari harimya bagi masyarakat Galang.

Namun agar program Galang BERSINERGI berjalan dan diikuti masyarakat, harus dimulai dari pemimpinnya, dalam hal ini Camat dan Kepala Desa serta Lurah. Sehingga masyarakat nantinya akan mengikutinya serta tumbuh dalam diri masyarakat rasa memiliki (a sense of belonging) terhadap program Galang BERSINERGI.

Dihadapan sejumlah Kepala Desa dan Lurah, Senin (23/11/2020) di aula kantor Camat Galang, Fitriyan memaparkan program Galang BERSENERGI. Ia berharap seluruh Kepala Desa dan Lurah mendukung spenuhnya.

“Segala sesuatunya dinulai dari pemimpinnya. Sehingga bila pemimpinnya sudah melakukannya, maka masyarakat mengikutinya. Dan selanjutnya kita harapkan Galang Bersenergi nantinya menjadi Ikon Kota Galang ” ujar Camat Fitriyan.

Lebih jauh mantan ajudan Bupati Deli Serdang itu menjelaskan makna dan arti singkatan dari kata BERSENERGI sebagai berikut :

Bersih dusun,lingkungan rumah dan tempat tinggal secara serentak,dusun dan kantor kepala desa yang tidak bersih akan di berikan Sanksi berupa Bendera Hitam,Muspika kecamatan Galang akan memberikan penilaian,

E : tika berjualan bagi para pedagang/ Pemilik usaha maupun Niaga,jangan sampai mengganggu pengguna jalan,serta tetap jaga ketertiban,kenyamanan masyarakat,Musik,pengeras suara yang berlebihan tidak di perkenankan,kebersihan Lingkungan tetap di utamakan.

R : ehab rumah tidak layak huni setiap bulannya kontribusinya seluruh elemen masyarakatnya, pemerintah,masyarakat,pengusaha melalui gotong royong dan ketersedian bahan bangunan

S : ejemput beras dalam minggu ke 1 dan minggu ke 3 setiap bulannya, di salurkan ke pada saudara kita yang kurang mampu,Lansia,dan anak yatim,secara bergiliran.

I : jin layanan kesehatan,pendidikan,Adminduk serta layanan ,administrasi apa pun

NE : kat keluar rumah tidak memakai masker sungguh memalukan, bila ketahuan akan kami tertibkan dan akan di kenakan denda dan sanksi sosial. Mempedomani Per Bup no 77 tahun 2020,tentang Disiplin,dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan yaitu : Memakai masker, Mencuci Tangan dengan Sabun, Mengatur jarak, Menghin dari kerumunan

R : espon dan kepekaan sosial kita Galang dan kita tingkatkan,Lansia,anak yatim,masyarakat yang memerlukan kebutuhan khusus perlu sangat kita perhatikan

G ; erakan gotong royong membangun jamban( Stop buang air besar sembarangan),apa bila ada masyarakat yang memiliki jamban,apa bila ada masyarakat yang tidak memiliki jamban tolong di data,dan kita bersama sama untuk membangunnnya.Berat sama di pikul ,ringan sama di jinjing,

I : novasi UMKM kami bantu untuk promosikan kita bangkit ekonomi rakyat.

AFitriyan Syukri Parinduri mengemukakan program Galang BERSINERGI ini merupakan rangkuman dari visi misi Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang di gagas Bupati Ashari Tambunan. Dan program seperti Galang BERSINERGI telah ia terapkan di Kecamatan Pantai Labu dengan sebutan nama yang berbeda ternyata berhasil. UMKM nyaberkembang dan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan tumbuh.

“Rencananya konsep program Galang BERSINERGI ini kita gulirkan Desember bulan depan. Karena itu sebelum kita realisasikan, kita juga mengharapkan masukan masukan dari tokoh masyarakat, pemuda dan rekan rekan pers”, ujar Camat Fitriyan kepada buser24.com

Menanggapi rencana program Galang BERSINERGI yang di gagas Camat Fitriyan, disambut baik oleh masyarakat Galang.

Andi Andi Sahputra, salah seorang tokoh pemuda dan juga pelaku UMKM industri tahu di Kelurahan Galang Kota menyambutnya dengan baik dan senang hati. “Cukup bagus program Pak Camat ini. Selain mengandung unsur bisnis (mendukung) UMKM, juga memiliki unsur ibadah dan sosial. Patut kita dukung program mulia ini”, ujar Andi.

Nada yang sama juga dikatakan Ketua Karang Taruna Galang Kota, Fajar Azwawi. Menurutnya, poin poin yang tercantum dalam program Galang BERSINERGI banyak yang dapat di kolaborasikan dengan program Karang Taruna. “Bila kita baca, banyak program Pak Camat yang bersifat pemberdayaan pemuda. Hal ini perlu kita dukung. Kemungkinan dalam waktu dekat ini kita akan besilaturahmi dengan Pak Camat”, ucap Fazar.

(L Bagus)