Beranda FAKTA & PERISTIWA Pemkab Meranti Silahturahmi Dengan Pengurus Quran Center Batam dan Qori Terbaik MTQ...

Pemkab Meranti Silahturahmi Dengan Pengurus Quran Center Batam dan Qori Terbaik MTQ Nasional/Internasional

BERBAGI

Buser24.com, Meranti – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti yang diwakili Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner menggelar silahturahmi dengan Direktur Quran Center Batam H. Mahadi Rahman dan rombongan, kegiatan sharing pengetahuan terkait pembinaan Qori dan Qoriah daerah tersebut, dipusatkan di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Kamis malam (3/12/2020).

Turut hadir dalam acara itu, Kabag Kesra Sekdakab. Meranti Rudi MH, Kabag Ren Polres Meranti Kompol Amir Husein, Ketua MUI Ustadz H. Mustafa, Ketua Pondok Pesantren Darul Fikri Al-Ustadz H. Fauzy, Al-Ustadz Jufri, Perwakilan Kemenag Meranti Ustadz Ismail, serta sejumlah Ustadz, jajaran Pejabat Pemkab. Meranti, Para Tokoh Agama/Masyarakat dan jemaah masjid.

Juga menghadirkan Qoriah terbaik Zulaikha juara I Cabang Tilawah MTQ Nasional 2020 di Padang dan Juara Internasional di Iran, Nisa Fitria Juara II Tilawah Remaja MTQ Kepri Tahun 2020, serta Sri Rahayu Juara II Hafiz Al-Quran Tingkat Nasional Tahun 2017 di Kalimantan Utara.

Sekedar informasi dalam acara ini juga ditampilkan pembacaan ayat Al-Quran oleh Qoriah Nasional dan Internasional Zulaikha yang cukup mengesankan hadirin.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Meranti terus berupaya mewujudkan visi misinya dengan menjadikan Meranti sebagai negeri Madani, salah satunya dengan membina generasi muda agar lebih mencintai Quran dan masjid agar menjadi insan Qur’ani. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama dengan Quran Center Batam dalam pembinaan Qori dan Qoriah daerah sehingga mampu berprestasi di ajang Nasional maupun Internasional.

Sejak beberapa tahun lalu kerjasama yang baik antara Pemkab. Meranti dan Quran Center Batam dalam pembinaan Qori dan Qoriah sudah terjalin dan berhasil pula membuahkan prestasi luar biasa dengan mengatarkan Kabupaten Meranti menjadi Runner Up 3 kali berturut pada MTQ tingkat Provinsi Riau dan meraih prestasi membanggakan ditingkat Nasional.

Kerjasama ini sempat beberapa tahun vacum dan diharapkan kedepan sinergitas ini kembali berjalan dan mampu meningkatkan prestasi MTQ Meranti yang sempat turun. Semangat inilah yang mengantarkan pengelola Quran Center Batam berkunjung ke Kota Selatpanjang untuk bersilahturahmi dengan Pemkab. Meranti dan para kiyai pengelola pesantren sekaligus sharing pengetahuan terkait pembinaan Qori dan Qoriah daerah.

Kedatangan Direktur Quran Center Batam disambut langsung oleh Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner. Dalam sambutannya atas nama Pemkab. Meranti ia Mengucapkan terima kasih atas kunjungan Direktur Quran Center Batam dan rombongan.

“Semoga dapat menjadi motivasi bagi Qori dan Qoriah di Meranti untuk terus meningkatkan prestasi, dan harapan kami silahtirahmi ini dapat terus bekelanjutan,”ujarnya.

Dijelaskan H. Rosdaner, di 10 tahun usia Meranti berbagai prestasi membanggakan telah berhasil ditorehkan oleh  Qori dan Qoriah Meranti diajang MTQ Provinsi Riau dengan meraih juara Runner Up 3 kali berturut-turut selain itu juga berhasil menjuarai beberapa cabang diajang MTQ Tingkat Nasional.

Prestasi tersebut kembali turun seiring vacumnya pembinaan Qori dan Qoriah Meranti di Quran Center Batam karena sesuatu hal, Kedepan Pemkab. Meranti akan berupaya meningkatkan prestasi Qori dan Hafiz Quran dengan kembali mengirimkannya ke Quran Center Batam untuk dilatih.

“Kedepan kita akan kembali mengirimkan Qori kita untuk berlatih di Quran Center Batam, karena sebaik apapun pembinaan didaerah, pembinaan diluar juga diperlukan, ibarat orang tua mengajar anak dirumah dan guru mengajar disekolah,” jelasnya.

Dengan meningkatnya prestasi anak-anak Meranti dalam lomba baca, tulis dan hafal Al-Quran ini, Rosdaner meyakini akan mampu memotivasi generasi muda lainnya untuk lebih mencintai Al-Quran menuju generssi Qur’ani sesuai dengan visi misi daerah menjadikan Meranti negeri yang madani.

Selanjutnya dalam kegiatan silahturahmi yang berlangsung hangat tersebut, Direktur Quran Center Batam H. Mahadi Rahman banyak memberikan masukan dan informasi terkait pembinaan Qori dan Qoriah daerah.

Diakuinya berkat pembinaan yang baik dari Quran Center Batam yang didukung penuh oleh Pemerintah setempat telah berhasil mengangkat prestasi Presrasi Qori dan Qoriah Provinsi Kepri hingga sempat menjadi juara umum Tinggkat Nasional. Bahkan bereprestasi ditingkat Internasional seperti MTQ Internasional di Iran, Belgia, Perancis, German, Belanda dan lainnya dan terakhir peringkat 4 Pada MTQ Nasional 2020 di Padang Sumatera Barat.

Lebih jauh dijelaskan Mahadi, untuk juara diajang MTQ Nasional, selain pembinaan yang baik juga perlu strategi dan trik satunya mampu mengukur secara tepat kemampuan Qori dan pemilihan cabang yang sesuai dengan bakatnya.

Selah memaparkan panjang lebar terkait pembinaan Qori dan Qoriah, terakhir Mahadi mengucapkan terima kasih yang tinggi atas sambutan Pemkab. Meranti iapun berharap silahturahim antar Pemkab. Meranti dan Quran Center Batam semakin baik, prestasi Qori dan Qoriah Meranti meningkat dan mampu memotivasi generasi muda untuk lebin mencintai Al-Quran menuju Meranti Negeri Madani.

Kegiatan ditututup dengan penyerahan cendera mata dari Pemkab. Meranti kepada pengelola Quran Center Batam yang dilakukan oleh Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner. (zamri)