Beranda NASIONAL Pencurian Getah Sheet Di Pabrik Karet PTPN 3 Kebun Sarang Ginting Masih...

Pencurian Getah Sheet Di Pabrik Karet PTPN 3 Kebun Sarang Ginting Masih Misterius

BERBAGI

Buser24.com, Dolok Masihul :

Aksi pencurian getah sheet milik pabrik karet (Ribbed Smoke Sheet Factory) PTP Nusantara 3 Kebun Sarang Giting, Kecamatan Dolokmasihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara secara besar-besaran berhasil digagalkan setelah petugas keamanan kantor direksi perusahaan milik negara itu, Jumat (16/10/2020) menangkap basah satu truk Colt Diesel siap jual di kawasan Pamela.

Dari penangkapan satu truk Colt Diesel getah sheet itu, sejumlah karyawan telah di boyong ke kantor direksi PTPN 3 di jalan Sei Batang hari Medan untuk diinterogasi pihak petugas keamanan perusahaan BUMN tersebut.

Keterangan yang diperoleh buser24.com, karyawan yang diperiksa yakni RA, SP, K masing-masing karyawan pelaksana dan seorang karyawan pimpinan (Asisten).

Dari hasil introgasi diperoleh keterangan bahwa aksi pencurian getah sheet kepunyaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terrsebut sudah berlangsung sejak lama. Hal itu terungkap dari pengakuan salah seorang karyawan yang terlibat aksi pencurian itu.

“Dari pengakuan salah seorang pelaku, mereka sudah 9 kali menjual getah sheeet itu dengan skala besar. Dari 9 kali pencurian itu diperkirakan uang yang di dapat pelaku mencapai 1,5 milyar lebih. Dengan perincian sekali keluar dari pabrik karet Sarang Giting satu truk Colt Diesel dengan berat 7 ton dikalikan harga perkilogram Rp 24000 x 9 kali penjualan. Kenyang betul mereka”, ucap salah seorang karyawan mengkalikan kerugian negara atas aksi pencurian tersebut.

Menurut sumber buser24.com, aksi pencurian getah sheet pabrik karet Kebun Sarang Gitu itu sudah menjadi rahasia umum di kalangan karyawan. Karena dilakukan secara terang-terangan.

Namun meskipun dilakukan secara vulgar dan terang-terangan, para pimpinan satuan masing masing di Kebun Sarang Giting tidak ada yang mencegah dan menindak perbuatan jahat tersebut.

Karena dua dari karyawan yang di interogasi tadi dikenal cukup dekat dengan sejumlah pimpinan. Keduanya yang dikenal sebagai otak aksi pencurian itu sangat lihai mengambil hati para pimpinan di kantor manager kebun dan distrik. Aksi pencurian ini terungkap setelah pihak petugas keamanan kantor direksi dari Medan turun dan menguntit truk Col Diesel itu dari belakang.

” Sepertinya kasus pencurian ini tidak mungkin dilimpah ke polisi. Terkesan ada upaya dari sejumlah pimpinan di Kebun Sarang Giting dan Distrik Manager Deli Serdang 2 Sei Karang ingin menutup – nutupi kasus itu”, sambung sumber.

Asisten Personalia Kebun (APK) Sarang Giting, Khairul ketika dikonfirmasi buser24.com, Rabu (14/10/2020) tidak berkenan memberi keterangan. “Belum ada keterangan, belum ada,” ucap Khairul berulang ulang.

Distrik Manager Deser 2 Sei Karang, Sugiarto yang dihubungi melalui handphone beberapa kali tidak bersedia membuka telepon genggamnya.

Sementara Humas PTP Nusantara III di Medan, Ochard Perangin angin saat dihubungi buser24.com via handphone tampak seperti terkejut terhadap informasi kasus pencurian getah  yang disampaikan buser24.com. “Saya belum mengetahui itu. Coba nanti saya monitor ya”, ucap Orchard singkat.

Reporter : L Bagus

Editor : Efendy Tampubolon